Alwi Murin: “Curigai Pertemuan Edang, Bacapub PDR Bakal Kalah Bersaing”

Foto : Alwi Murin

Foto : Alwi Murin

Lembata, GlobalIndoNews – Anggota DPRD kabupaten Lembata 2004-2009, juga penggagas pertemuan Edang, Alwi Murin melalui rilisnya yang diterima media ini Kamis (18/4/2024) menyatakan acara deklarasi Bacabub Lembata Paulus Doni Ruing alias PDR di Café 3G Lamahora, Selasa (16/4/2024) diwarnai dengan kecurigaan pada keluarga Edang. Disela sambutannya, PDR mengkritik pertemuan keluarga Edang di ebang Murin Uri 14/4/2024 yang lalu.

Ketika itu jelas Alwi, keluarga Edang duduk membicarakan perjuangan mereka untuk mendukung figur Edang menjadi Bupati Lembata.

Paulus Doni Ruing alias PDR menyebut pertemuan Edang itu sebagai awal dari keretakan karena dapat membuat sekat yang membahayakan Lembata, tulis Alwi.

Atas kritikan itu, penggagas pertemuan Edang, Alwi Uri Murin mengatakan PDR sembarangan menilai karena tidak mengerti budaya Edang.

Uri Murin menjelaskan bahwa itu merupakan pertemuan keluarga Edang dimana yang hadir memiliki hubungan kerabat dekat. “Itu pertemuan keluarga yang dikemas sesuai budaya Edang. Duduk musyawarah di ebang itu budaya Edang. Dan kami duduk omong politik untuk kebaikan Lembata, bukan untuk buat keretakan”, ujarnya.

Menurut Murin cara itu mestinya dicontohi oleh PDR karena itu memang budaya Lembata. “Urus politik juga mesti pakai budaya, bukan duduk di Cafe lalu kritik orang yang duduk di Ebang”, tambahnya.

Ia juga menepis tuduhan PDR yang mengatakan pertemuan Edang itu dapat membuat sekat yang membahayakan Lembata. Menurut Uri Murin, dengan menuduh begitu PDR seakan menolak keberadaan komunitas masyarakat adat Lembata.

“Menjadi orang Edang atau orang Leragere, atau orang Atadei atau orang Ile Ape, itu bukan sekat. Itu identitas diri yang terberikan. Itu kekayaan budaya kita sekaligus merupakan potensi politik yang harus dikelola secara positif”, tandas Alwi.

“Lagipula orang duduk kumpul dalam komunitas budayanya dan omong kepentingan bersama, itu bahayanya apa?”, tanyanya heran.

Walau demikian Uri Murin dapat memaklumi kecurigaan PDR itu mungkin karena khawatir akan kalah bersaing dengan figur Edang dalam bursa Bacabup Lembata. “Isu Edang memang selalu sexy di setiap Pilkada, jadi mungkin PDR merasa terancam”, tutup Uri Murin sembari tertawa.

Sebelumnya dalam acaranya di Cafe 3G, PDR mengatakan: “Ada saudara – saudara kita dari Kedang ngumpul dan mengatakan diri kami dari Kedang. Ini awal dari keretakan. Politik harus sehat. Jangan buat sekat-sekat. Itu membahayakan Lembata”. (*/Rls/Red)

————

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan /atau keberatan dengan penayangan artikel dan /atau berita tersebut diatas, Anda dapat mengirimkan artikel dan /atau  berita berisi sanggahan dan /atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: globalindonews74@gmail.com

 

Alwi Murin: “Curigai Pertemuan Edang, Bacapub PDR Bakal Kalah Bersaing”
Alwi Murin: “Curigai Pertemuan Edang, Bacapub PDR Bakal Kalah Bersaing”